Jumat, 26 Agustus 2011

Contoh KKM (Kriteria Ketutasan Belajar)




KKM
Kelas : IV
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.1  Mendiskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
-          Menunjukkan bagian-bagian rangka manusia
-          Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia
-          Mengelompokkan tulang berdasar jenisnya
-          Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka
-          Mendeskripsikan hubungan struktur rangka dengan fungsinya

1.2  Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
-          Menyebutkan kelainan tulang belakang dan tulang kaki serta penyebabnya
-          Menjelaskan cara mencegah kelainan rangka
-          Menyebutkan penyakit-penyakit pada tulang
-          Menjelaskan cara pemeliharaan kesehatan kerangka tubuh

1.3  Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dan fungsinya
-          Menyebutkan bagian-bagian mata dan fungsinya
-          Mendeskripsikan hubungan antara struktur mata dan fungsinya
-          Menjelaskan cara kerja mata
-          Menyebutkan bagian-bagian telinga
-          Mendeskripsikan hubungan antara struktur telinga dan fungsinya
-          Menjelaskan proses pendengaran
-          Menyebutkan bagian-bagian hidung dan fungsinya.
-          Mendeskripsikan hubungan antara struktur hidung dan fungsinya


Sedang (70)
Tinggi (55)
Sedang (75)
Tinggi (54)
Tinggi (56)


Sedang (78)

Sedang (77)
Sedang (72)
Tinggi (55)


Sedang (79)
Tinggi (60)
Sedang (75)
Sedang (74)
Tinggi (57)
Tinggi (55)
Sedang (76)
Tinggi (53)


Tinggi (82)
Sedang (73)
Sedang (70)
Sedang (75)
Tinggi (81)


Sedang (71)

Rendah(63)
Rendah (64)
Sedang (76)


Tinggi (85)
Sedang (70)
Sedang (67)
Tinggi (82)
Sedang (73)
Sedang (70)
Tinggi (87)
Sedang (77)


Sedang (72)
Sedang (72)
Sedang (72)
Sedang (72)
Sedang (72)


Sedang (73)

Sedang (73)
Sedang (73)
Sedang (73)


Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
Sedang (75)
70

75
67
72
67
70

70
74

71
70
68

72
80
68
72
77
68
67
79
68



                                                                                                                                                          Rata-rata KKM = 71
                                       Kepala Sekolah                                                                               Guru Kelas / Mata Pelajaran




                                 __________________                                                                                           RATNA WATI
NIP.                                                                                                                 NPM. 1119090896



SILABUS

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester             : IV (Empat) / I (Satu)
Standar Kompetensi      : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
ALAT & SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya
Rangka manusia dan fungsinya 
§  Mengamati model/torsol/gambar kerangka tubuh manusia
§  Mencari informasi tentang bagian-bagian rangka dan nama-nama tulang
§  Menunjukkan bagian-bagian rangka serta nama-nama tulang
§  Diskusi mengelompokkan tulang  berdasarkan jenisnya
§  Presentasi hasil diskusi
§  Mencari informasi tentang fungsi rangka
§  Diskusi tentang hubungan struktur rangka dengan fungsinya
§  Presentasi hasil diskusi
§  Menunjukkan bagian-bagian rangka manusia
§  Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia
§  Mengelompokkan tulang berdasarkan jenisnya
§  Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka 
§  Mendeskripsikan hubungan  struktur rangka dengan fungsinya


-  Tes tulis, lisan
-   Non tes, observasi
4 JP x 35 menit
Buku materi tentang rangka dan fungsinya
Model/torsol gambar rangka manusia

Nama        : Ratna Wati
Jurusan    : PGSD Murni 2009
Pokjar      : Parengan
NPM         : 1119090992


Mata Pelajaran            : Seni Budaya dan Ketrampilan
Kelas / Semester          : IV (Empat) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi   : 1.   Mengapresiasikan diri melalui karya seni tari

Kompetensi Dasar :
1.1  Menyiapkan tari nusantara daerah lain sesuai dengan iringan
1.2  Memeragakan tari nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton

Indikator :
-          Melakukan persiapan untuk memperagakan tari nusantara
-          Melakukan salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
-          Mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari  Nusantara
-          Menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton

TUGAS !
Ø  Pilihlah salah satu karya seni Nusantara yang ada di daerahmu!
Ø  Persiapkan segala keperluan untuk memperagakan karya tari tersebut!
Ø  Peragakan karya tari itu dengan kelengkapannya :
Iringan,
Busana,
Tata rias,
Properti 
Ø  Peragakan di depan guru dan teman-temanmu!

Instrumen Penilaian dengan Checklist
Petunjuk:   Beri tanda centang ( ü ) di belakang huruf dimana kemampuan siswa teramati saat menari
Nama : Intan
I.    Ekspresi Fisik
……   A.  Mata melihat ke penonton
……   B.  Ekspresi wajah berubah-ubah sesuai iringan lagu
……   C.  Gerakan tangan luwes
……   D.  Gerakan kaki luwes
……   E.  Gerakan kepala tidak kaku
II.                                                                                                                                                                          Tata Rias
……   A.  Memakai make up
III.  Busana dan Properti
……   A.  Mengenakan baju daerah tertentu
……   B.  Memakai selendang
……   C.  Memakai kipas


Mata Pelajaran            : Seni Budaya dan Ketrampilan
Kelas / Semester          : IV (Empat) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi   : 1.   Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar :
1.1  Memainkan alat musik melodis sederhana
1.2  Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
1.3  Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

Indikator :
-          Memainkan berbagai macam alat musik melodi sederhana
-          Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
-          Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis.

TUGAS !
1.   Buatlah sebuah pertunjukan permainan alat musik melodis di kelas!
2.   Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang! Siapkan lagu daerah dan lagu wajib untuk dipertunjukkan di kelas!

Instrumen Penilaian dengan Rating Scale
Petunjuk:   Beri lingkaran pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati saat anak menyanyi dan memainkan alat musik
1.      Bila siswa selalu melakukan
2.      Bila kadang-kadang
3.      Bila jarang
4.      Bila tidak pernah
Nama : Irsyad  
1.      Berdiri tegak melihat penonton
1          2            3           4
2.      Mata melihat ke arah penonton
1          2            3           4
3.      Menyanyi dengan artikulasi yang kelas
1          2            3           4
4.      Menyanyi dengan nada yang sesuai lagu
1          2            3           4
5.      Memainkan alat  musik sesuai harmoni (perpaduan nada)
1          2            3           4
6.      Memainkan alat musik sesuai tempo lagu
1          2            3           4
7.      Memainkan alat musik sesuai irama lagu
 1         2            3           4



Silabus dan RPP





 























Disusun Oleh :
RATNA WATI
NPM : 1119090992
Universitas Ronggolawe Tuban
PGSD Murni 2009
Pokjar Parengan





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar