Jumat, 26 Agustus 2011

RPP IPS Kelas 4,,semester 1


Nama        : Ratna Wati
Jurusan    : PGSD Murni 2009
Pokjar      : Parengan
NPM         : 1119090896

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kelas / Semester             :  IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran / Tema    :  Ilmu Pengetahuan Sosial / Lingkungan
Waktu                            : 9 jam pelajaran x 35 menit
Standar Kompetensi      :  1.   Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi.
Kompetensi Dasar          :  1.1    Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota, Propinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
Indikator                        :  -     Mendiskripsikan simbol-simbol pada peta.
-          Menggambar salah satu peta desa/kelurahan/kecamatan/ kabupaten/kota setempat dengan menggunakan simbol dan tema tertentu.
-          Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/ Propinsi)
-          Menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
-          Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.

I.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Menyebutkan komponen-komponen peta serta kegunaannya.
2.      Menggambar/membuat peta lengkap dengan komponennya.
3.      Mengukur jarak suatu tempat yang satu dengan tempat yang lain.
4.      Mempraktekkan cara memperbesar dan memperkecil peta suatu daerah.

II.    Materi Pokok
Peta lingkungan setempat.

III. Metode Pembelajaran
-          Observasi, gambar
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
-          Siswa mengamati contoh peta untuk menemukan komponen-komponen pada peta dan kegunaannya.
-          Siswa mengamati peta Kabupaten/Kota dan peta Provinsi setempat.
-          Siswa menggambar peta wilayah kecamatan tempat tinggal siswa.
-          Siswa membuat peta Propinsi setempat lengkap dengan komponen peta.
-          Siswa mengamati skala peta (grafik dan numerik)
-          Siswa mengukur jarak tempat tinggal siswa dengan kota-kota penting di daerah setempat atau salah satu kota-kota penting di Indonesia.
-          Siswa mempraktekkan cara mengubah ukuran peta (memperbesar dan memperkecil) peta daerah setempat.

V.    Kegiatan Akhir
-          Guru membimbing siswa dalam merangkum pelajaran.
-          Memberi pertanyaan lisan
-          Memberi tugas PR.
-          Mengevaluasi hasil belajar

VI. Alat dan Sumber Belajar
Alat :
-          Penggaris
-          Buku gambar
-          Pensil warna
-          Alat tulis

Sumber Belajar :
-          Peta wilayah kecamatan
-          Peta wilayah propinsi
-          Atlas
-          Buku IPS
-          Sumber yang relevan

VII. Penilaian
Jenis :
-          Tertulis
-          Lisan
-          Proyek
-          Performance

                        Mengetahui
                     Kepala Sekolah                                                      Guru Kelas IV


              (                                    )                                        (                                    )
           NIP.                                                                      NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar