Selasa, 23 Agustus 2011

RPP IPS Kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Sekolah   : ...............................
Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester  : V/I

          Standar Kompetensi : 1. Menghargai beberapa peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia. 
          Kompetensi Dasar  : 1.3. Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/ globe dan media lainnya
Indikator :
        1. Mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia
        2. Menunjukkan pada peta letak kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia
        3. Menjelaskan manfaat kenampakan alam dan buatan bagi kehidupan
        4. Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan symbol
        5. Menemutunjukkan pada peta/globe daerah-daerah yang termasuk dalam WIB, WITA, dan WIT
        6. Menemutunjukkan pulau, daerah tertentu berdasarkan pembagian waktu Indonesia bagian Barat (WIB), waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), waktu Indonesia bagian Timur (WIT)
        7. Mencari perbedaan waktu untuk masing-masing daerah sesuai dengan pembagian WIB, WITA dan WIT.
        8. Menjelaskan tentang flora dan fauna Indonesia
        9. Menemutunjukkan pada peta tentang flora dan fauna di Indonesia

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah selesai melakukan kegiatan siswa dapat:
        1. Mengidentifikasi kenampakan alam di Indonesia
        2. Menemutunjukkan pada peta, letak kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia
        3. Menemutunjukkan pada peta letak kenampakan buatan di Indonesia
        4. Menjelaskan manfaat kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia
        5. Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan symbol
        6. Membaca peta wilayah pembagian waktu
        7. Menemutunjukkan pulau, daerah tertentu berdasarkan pembagian
          1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
          2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)
          3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)
        8. Mencari perbedaan waktu untuk masing-masing daerah sesuai dengan pembagian WIB, WITA dan WIT
        9. Menjelaskan flora dan fauna di Indonesia
        10. Menemutunjukkan pada peta tentang flora dan fauna di Indonesia
        11. Menjelaskan ciri dan sifat cuaca dan iklim di Indonesia

  1. MATERI PEMBELAJARAN
        1. Peta Indonesia
        2. Kenampakan alam Indonesia
        3. Flora dan fauna Indonesia
        4. Cuaca, iklim dan musim di Indonesia
        5. Pembagian waktu di Indonesia

  1. METODE/TEKNIK
              1. Tugas
              2. Kerja kelompok
              3. Pengamatan
              4. Demonstrasi

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
        1. Pertemuan I
          1. Kegiatan Awal
            Memotivasi siswa  :  Ceritakan apabila kita naik pesawat terbang akan melihat permukaan alam yang beraneka ragam dan tunjukkan potret.
            Pengetahuan prasarat : Tanyakan kepada siswa: pernahkah menggambar peta? Bagaimana langkah-langkah menggambar peta?
          1. Kegiatan Inti
    1. Guru meminta siswa mencari peta Indonesia di dalam buku
    2. Guru memasang peta Indonesia yang sudah dilengkapi dengan skala
    3. Guru memberi contoh menggambar salah satu pulau di Indonesia
    4. Guru menyuruh siswa menggambar peta Indonesia
          1. Kegiatan Akhir
    1. Memberi penghargaan
    2. Memajang hasil
        1. Pertemuan II
          1. Kegiatan Awal
      Guru menyuruh siswa melihat kembali hasil karya peta Indonesia, mengajukan pertanyaan, kenampakan apa saja yang dapat kita lihat di permukaan bumi?
          1. Kegiatan Inti
    1. Guru mempresentasikan jawaban secara deklaratif tentang kenampakan alam
    2. Guru membagi lembar tugas
    3. Guru memeriksa pekerjaan siswa
          1. Kegiatan Akhir
    1. Siswa mempresentasikan hasil
    2. Menilai pekerjaan siswa
    3. Membimbing siswa membuat rangkuman
    4. Evaluasi
        1. Pertemuan III
          1. Kegiatan Awal
    1. Siswa mengamati peta Indonesia
    2. Siswa membaca peta wilayah Indonesia
          1. Kegiatan Inti
    1. Guru menunjuk peta tentang WIB, WITA dan WIT
    2. Guru menjelaskan provinsi-provinsi yang termasuk WIB, WITA dan WIT
    3. Siswa mengerjakan tugas dari guru, selisih waktu
          1. Kegiatan Akhir
    1. Mempresentasikan hasil
    2. Menilai pekerjaan siswa
    3. Membuat rangkuman
    4. Evaluasi
        1. Pertemuan IV
          1. Kegiatan Awal
    1. Mengajukan pertanyaan tentang jenis-jenis hewan dan tumbuhan
    2. Apa saja yang pernah dilihat di lingkungan sekitar?
    3. Apakah yang kamu ketahui tentang flora dan fauna?
          1. Kegiatan Inti
    1. Memasang peta persebaran flora dan fauna Indonesia serta menjelaskan symbol yang ada
    2. Menjelaskan tenang flora dan fauna Indonesia
    3. Siswa melaksanakan tugas kelompok
          1. Kegiatan Akhir
    1. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
    2. Evaluasi
        1. Pertemuan V
          1. Kegiatan Awal
    1. Ajaklah siswa keluar kelas mengamati keadaan langit dan suasana pada saat itu
    2. Mengajukan pertanyaan: apakah yang dimaksud cuaca dan iklim?
          1. Kegiatan Inti
    1. Guru menuntun siswa untuk menjawab pertanyaan dengan membaca buku
    2. Guru menyampaikan pengetahuan deklaratif tentang cuaca dan iklim
    3. Guru mengundi pertanyaan untuk dipecahkan secara kelompok
    4. Masing-masing kelompok melaporkan hasil
          1. Kegiatan Akhir
    1. Kelompok mempresentasikan hasil diskusi
    2. Membuat rangkuman
    3. Evaluasi
    4. Memberi tugas mengamati cuaca selama satu minggu
        1. Pertemuan VI
          1. Kegiatan Awal
    1. Ajukan pertanyaan akibat musim kemarau tiba
    2. Kapan musim kemarau terjadi?
    3. Apakah globe itu?
    4. Apa yang dimaksud garis bujur?
    5. Dimana letak astronomi Indonesia?
          1. Kegiatan Inti
    1. Guru menuntun siswa dan meminta siswa mencari informasi pada buku
    2. Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif dengan peraga globe tentang letak wilayah
    3. Membagikan lembar tugas  pengamatan
    4. Menuntun siswa mendemonstrasikan globe
    5. Membahas hasil pengamatan
          1. Kegiatan Akhir
    1. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
    2. Evaluasi

  1. ALAT DAN SUMBER BAHAN
              1. Buku siswa
              2. Globe
              3. Peta Indonesia
              4. LKS buatan guru

  1. PENILAIAN
  1. Teknik Penilaian
    1. Tes tertulis
    2. Tes unjuk kerja
  1. Bentuk instrument
    1. Tes tertulis, tes uraian
    2. Tes uji petik kerja produk
    3. Tes uji petik kerja proses

  1. Contoh instrument
    1. Tes uraian
    1. Sebutkan 3 contoh kenampakan buatan
    2. Jelaskan yang dimaksud teluk
    3. Sebutkan fauna tipe Australia
    4. Jelaskan tentang selisih waktu WIB, WITA dan WIT
    5. Sebutkan provinsi yang termasuk WIB
    6. Jelaskan perbedaan cuaca dan iklim
    7. Jelaskan manfaat cuaca dan iklim
    8. Jelaskan mengapa di NTT tumbuh sabana dan stapa
    9. Jelaskan jenis hutan menurut fungsinya
    10. Jelaskan dimana letak danau Toba
    1. Tes umi petik kerja produk
      Gambarlah salah satu pulau di Indonesia, lengkapi dengan symbol peta.  
Mengetahui
Kepala Sekolah


 
...............................

Guru Bidang Studi



…..……………………..
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar