RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ..............................Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : I/I
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit (5 x pertemuan)
![Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.](https://mail.google.com/mail/?name=d33be9805ff33117.jpg&attid=0.5&disp=vahi&view=att&th=131940bd001a1e46)
Standar Kompetensi :
- Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
Kompetensi Dasar :
- Menunjukkan sifat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
- Menyebutkan contoh sikap hidup rukun
- Menceritakan sikap hidup rukun di dalam keluarga
- Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan 1
- Pada akhir pelajaran siswa dapat :
- Menyebutkan kemajemukan dalam keluarga
- Pertemuan 2
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
- Pertemuan 3
- Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
- Pertemuan 4
- Menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan
- Pertemuan 5
- Menceritakan sikap hidup rukun di dalam keluarga
- Materi Pembelajaran
- Pertemuan 1
- Hidup rukun dalam keluarga
- Pertemuan 2
- Manfaat hidup rukun
- Pertemuan 3
- Ciri-ciri hidup rukun dan tidak rukun
- Pertemuan 4
- Akibat dari tidak menjaga kerukunan
- Pertemuan 5
- Sikap hidup rukun dalam keluarga
- Metode/ Teknik
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Langkah-langkah Kegiatan
- Pertemuan 1
- Kegiatan Awal
- - Menyanyikan lagu "Satu Satu Aku Sayang Ibu"
- Kegiatan Inti
- Menjelaskan tentang hidup rukun
- Tanya jawab tentang hidup rukun
- Guru memberi tugas kepada murid
- Siswa mengerjakan tugas
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 2
- Kegiatan Awal
- - Menyanyikan lagu "Satu Satu Aku Sayang Ibu"
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
- Guru dan murid mengadakan tanya jawab
- Siswa memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru
- Siswa mengerjakan tugas
- Siswa melaporkan hasil kerja/tugas
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pemantapan materi
- Evaluasi
- Pertemuan 3
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab
- Hidup rukun membuat suasana ……….
- Bersatu kita teguh, bercerai kita …….
- Kegiatan Inti
- Menjelaskan tentang ciri-ciri hidup rukun
- Tanya jawab dengan murid
- Guru memberi tugas kepada murid
- Siswa mengerjakan tugas
- Siswa melaporkan hasil kerja
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Evaluasi
- Pertemuan 4
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab
- Sering bertengkar, cekcok akibat dari ……..
- Kerja bakti salah satu contoh hidup ………
- Karena hidup rukun, pekerjaan berat menjadi ……….
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan ciri-ciri hidup rukun
- Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
- Guru dan murid mengadakan tanya jawab
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Evaluasi
- Sumber Belajar
- Buku PKPs Kelas I
- Buku penunjang yang relevan
- Penilaian
- Teknik : Lisan dan Tertulis
- Prosedur : Pre Test dan Post Test
- Bentuk : Isian dan jawab singkat
- Instrumen
Lembar Soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
- Hidup rukun dapat menciptakan suasana ………..
- Kerja bakti salah satu contoh………..
- Salah satu contoh hidup rukun adalah saling ………..
- Karena hidup rukun pekerjaan berat menjadi ………..
- Bersatu kita teguh, bercerai kita ………..
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
- Tugas piket di sekolah sebaiknya diselesaikan secara bagaimana?
- Apa yang kamu lakukan bila adikmu jatuh dari sepeda?
- Apa yang kamu lakukan bila saudaramu bertengkar?
- Berilah 2 contoh perbuatan rukun dalam keluarga!
- Berilah 2 contoh akibat dari hidup tidak rukun!
Mengetahui Kepala Sekolah .............................. | Guru Kelas …………………….. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar