RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : I/2
Alokasi Waktu : 6 x pertemuan (12 x 35 menit)
![Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.](https://mail.google.com/mail/?name=d33be9805ff33117.jpg&attid=0.5&disp=vahi&view=att&th=131940bd001a1e46)
Standar Kompetensi :
2. Mendiskripsikan lingkungan rumah
Kompetensi Dasar :
- 2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan
- Mengidentifikasi ruang dalam rumah
- Menceritakan tentang fungsi dalam rumah
- Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat
- Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
- Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan fungsi dari setiap ruang dalam rumah
- Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
- Materi Pembelajaran
- Fungsi rumah
- Rumah sehat
- Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Langkah-langkah Kegiatan
- Pertemuan 1
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab: Apa guna rumah? Ruang apa saja yang ada di rumahmu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan fungsi rumah dan ruang-ruang yang ada dalam rumah
- Siswa memperhatikan penjelasan guru
- Tanya jawab
- Salah satu siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan ruang-ruang yang ada dirumahnya
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 2
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab: Apa guna rumah? Ruang apa saja yang ada di rumahmu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan fungsi rumah dan ruang-ruang yang ada dalam rumah
- Siswa memperhatikan penjelasan guru
- Tanya jawab
- Salah satu siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan ruang-ruang yang ada dirumahnya
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 3
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab: ruang apa saja yang ada dirumahmu? Apa guna ruang tamu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang fungsi dari setiap ruang
- Siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 4
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab: ruang apa saja yang ada dirumahmu? Apa guna ruang tamu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang fungsi dari setiap ruang
- Siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjawab pertanyaan
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- 3. Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 5
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab : Setiap rumah mempunyai pintu dan …….
- Bersih itu sehat, rapi itu ………
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang ciri-ciri rumah sehat dan cara menjaga kebersihan rumah
- Siswa memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Pertemuan 6
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab : Setiap rumah mempunyai pintu dan …….
- Bersih itu sehat, rapi itu ………
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang ciri-ciri rumah sehat dan cara menjaga kebersihan rumah
- Siswa memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru
- Siswa mengerjakan tugas dengan lembar kerja
- Siswa melaporkan hasil kerjanya
- 3. Kegiatan Akhir
- Mencatat kesimpulan
- Sumber Belajar
- Buku IPS Kelas I
- Buku penunjang yang relevan
- Penilaian
- Teknik : Test lisan dan tertulis
- Prosedur : Pre Test dan Post Test
- Bentuk : Isian dan jawab singkat
- Instrumen
Lembar Soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
- Pak Maman menerima tamu di ……..
- Ibu memasak di ……..
- Tempat berkumpulnya keluarga di ……..
- Bantal dan guling diletakkan di kamar ……..
- Benda yang jarang dipakai disimpan di ……..
- Agar cahaya matahari masuk, rumah diberi ……..
- Membersihkan meja dan kursi dengan ……..
- Setiap pagi jendelan harus di ……..
- Sampah harus dibuang ke ……..
- Lantai setelah disapu dibersihkan dengan ……..
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Mengapa rumah harus ada jendela?
- Apa ciri-ciri rumah sehat?
- Sebutkan ruang apa saja yang ada di rumahmu?
- Jelaskan fungsi gudang!
- Mengapa rumah harus bersih?
Mengetahui Kepala Sekolah …………………….. NIP. | Guru Kelas …………………….. NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar