Rabu, 10 Agustus 2011

RPP IPS Kelas VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 6 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial
Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia
III.Indikator
Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara
tetangga
IV. Tujuan Pembelajaran**
Siswa dapat Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )
dan Ketelitian ( carefulness)
V. Materi Pokok
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
Pegorganisasian Pengendalian Diri
Kegiatan Guru dan Siswa Kelas Waktu Penilaian
Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan Awal
Apersepsi :
– Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing untuk mengawali
pelajaran.
motivasi :
– Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang
dilakukan pada pagi hari sejak bangun
tidur sampai anak berangkat ke
sekolah.
– Dilanjutkan dengan bertanya jawab
tentang di lingkungan mana siswa
hidup.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Mendeskripsikan perkembangan
system administrasi wilayah
Indonesia, secara Dapat dipercaya (
Trustworthines), dan perhatian (
respect ),
Guru bercerita tentang bacaan dalam
buku.
melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam
tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru
dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar
lainnya; secara Peduli ( caring ),
Jujur ( fairnes ) dan memiliki nilai
Kewarganegaraan ( citizenship )
melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok Kelompok
Kelo,mpok
5 menit
10 menit
Tertulis Tertulis
Religius
Disiplin
Kreatif
Gemar membaca
Rasa ingin tahu
Inovatif
Kemitraan
Kreatif Inovatif
Kreatif

 memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Mendeskripsikan perkembangan
system administrasi wilayah
Indonesia.
Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah
wawasan.
Mengajak siswa untuk berdiskusi
melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
Menugaskan siswa untuk
memberikan laporan hasil
pengamatan tentang materi yang
dibahas
Mengajak siswa untuk mengerjakan
soal-soal yang ada dalam buku
kerja/buku paket bse
membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas
tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun
tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang
dihasilkan;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi
Kelo kelompok Individu Kelompok Kelompok Kelompok Individu Kelompok
Individu
Kelompok Individu
Individu Individu Individu Individu Individu Individu
25
menit
20 menit
Tertulis Tertulis
Observasi
Observasi
Tertulis
Gemar membaca
Peduli sosial
Tanggung jawab
Disiplin
Gemar membaca
Tanggung jawab
Kreatif
Ulet
Kreatif
Peduli sosial
Menghargai akan
prestasi
Komonikatif
Kreatif
Rasa ingin tahu
Kreatif
Tanggung jawab
Peduli sosial

peserta didik melalui berbagai
sumber,
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber
dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
membantu menyelesaikan
masalah;
memberi acuan agar peserta
didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
VII. Alat Dan Sumber Bahan
Peta
Globe
Buku yang relevan
VIII. Penilaian


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal
Menjelaskan perkembangan
sistem administrasi wilayah
Indonesia
Menunjukan perkembangan
sistem administrasi wlayah
Indonesia dalam Peta/globe
Membandingkan
perkembangan sistem
administrasi wilayah
Indonesia dengan
negara-negara
tetangga
Tertulis, uraian Jelaskan perkembangan
sistem administrasi wilayah
Indonesia
Format Kriteria Penilaian
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4 3 2 1
PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.
2.
Pengetahuan
Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4 2 1 4 2 1
Lembar Penilaian
Performan
No Nama Siswa
Pengetahuan Sikap
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
1.2.3.4.5.6.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





                                                                  ............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                             Guru Mapel IPS








..................................                                 ..................................
NIP :                                                           NIP :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar