RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ..............................Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 Jam pelajaran (6 x pertemuan)
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai beberapa peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragamana alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
- Kompetensi Dasar : 1.4. Menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia
- Mengidentifikasi keragaman suku yang terdapat di Indonesia
- Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal-usul suku bangsa Indonesia
- Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa
- Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
- Menceritakan cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
- Memberi contoh cara melestarikan budaya di Indonesia
- Mempelajari gambar berbagai kegiatan budaya di Indonesia
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Mengetahui suku bangsa yang ada di Indonesia
- Pertemuan II
- Mengidentifikasi keragaman suku yang ada di Indonesia
- Pertemuan III
- Menunjukkan pada peta asal-usul suku bangsa yang terdapat di Indonesia
- Pertemuan IV
- Menyebutkan cara menghargai/ menghormati keragaman suku bangsa
- Pertemuan V
- Mengidentifikasi gambar aneka budaya di Indonesia
- Pertemuan VI
- Mendaftar dan menyebutkan contoh keragaman suku bangsa dan budaya tiap-tiap daerah.
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Macam-macam suku bangsa di Indonesia
- Pertemuan II
- Keragaman suku bangsa yang terdapat di Indonesia
- Pertemuan III
- Keragaman budaya yang ada di Indonesia
- Pertemuan IV
- Cara menghargai budaya dan suku bangsa di Indonesia
- Pertemuan V
- Cara melestarikan budaya di Indonesia
- Pertemuan VI
- Berbagai kegiatan budaya di Indonesia
- METODE/TEKNIK
- Ceramah, Tanya jawab, perbuatan dan diskusi
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
- Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab yang ada hubungannya dengan materi pokok
- Menyanyikan lagu dari "Sabang sampai Merauke"
- Kegiatan Inti
- Membagi siswa dalam kelompok
- Setiap kelompok menerima tugas dari guru untuk didiskusikan
- Mencari suku bangsa asli yang berasal dari suatu daerah yang telah ditentukan dalam kelompok masing-masing
- Siswa diskusi kelompok
- Laporan hasil diskusi
- Kegiatan Akhir
- Siswa mencatat kesimpulan
- Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Bolehkah orang Irian bertempat tinggal di daerahmu?
- Jelaskan!
- Kegiatan Inti
- Guru menerangkan keragaman suku yang tersebar di seluruh Indonesia
- Kegiatan Akhir
- Siswa mengamati peta Indonesia
- Tanya jawab tentang suku yang ada di Indonesia
- Contoh: coba tunjukkan pada peta dimana letak suku Tengger itu?
- Pertemuan III
- Kegiatan Awal
- Apersepsi
- Contoh: Sebutkan jenis kebudayaan yang kau ketahui!
- Kegiatan Inti
- Membagi siswa dalam kelompok
- Guru menjelaskan keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia
- Siswa diskusi kelompok tentang jenis budaya dan suku yang ada di Indonesia
- Laporan hasil diskusi
- Guru dan siswa membuat kesimpulan
- Kegiatan Akhir
- Tanya jawab keragaman suku dan jenis kebudayaan
- Contoh: Samakah jenis kebudayaan di setiap daerah itu?
- Pertemuan IV
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab asal budaya daerah
- Contoh: Alat musik angklung berasal dari mana?
- Kegiatan Inti
- Menjelaskan cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
- Siswa mencatat atau merangkum hasil penjelasan guru
- Kegiatan Akhir
- Tanya jawab
- Contoh: Apa tujuan menghargai keragaman suku dan budaya itu?
- Pertemuan V
- Kegiatan Awal
- Untuk apa kita perlu menghargai suku dan budaya daerah lain?
- Menyanyikan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke"
- Kegiatan Inti
- Menjelaskan jenis kebudayaan yang ada di Indonesia
- Menjelaskan cara melestarikan kebudayaan di Indonesia
- Mencatat hasil penjelasan guru
- Kegiatan Akhir
- Tanya jawab
- Contoh: Bagaimana cara melestarikan kebudayaan bangsa kita?
- Pertemuan VI
- Kegiatan Awal
- Pernahkah kamu melihat acara TV tentang tayangan adapt-istiadat daerah lain?
- Bagaimana perasaanmu?
- Kegiatan Inti
- Menjelaskan cara-cara melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia
- Siswa berdiskusi tentang cara melestarikan budaya daerah Indonesia
- Kegiatan Akhir
- Tanya jawab cara melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia
- SUMBER BELAJAR
- Buku IPS paket Kelas V
- Buku IPS terpadu kelas V
- Peta Indonesia
- PENILAIAN
- Teknik : Tertulis, perbuatan, lisan
- Prosedur : Post tes
- Bentuk : Isian, uraian, jawab singkat
- Instrumen :
Mengetahui Kepala Sekolah .............................. | Guru Bidang Studi …..…………………….. |
ijin cuplik ya
BalasHapus