RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah :
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas/ Semester : V/II
- Alokasi Waktu : 12 Jam pelajaran (6x pertemuan)
![Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.](https://mail.google.com/mail/?name=d33be9805ff33117.jpg&attid=0.9&disp=vahi&view=att&th=131940bd001a1e46)
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai peran tokoh dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
- Kompetensi Dasar : 2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan.
- Indikator : 1. Menyebutkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar proklamasi
- 2. Menghafalkan bunyi naskah proklamasi
- 3. Menyebutkan tokoh yang berjasa dalam peristiwa proklamasi
- 4. Membuat riwayat singkat/ ringkasan tentang tokoh-tokoh dalam peristiwa proklamasi
- 5. Menjelaskan penyusunan alat kelengkapan Negara
- 6. Menyebutkan cara menghargai jasa tokoh kemerdekaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Siswa dapat:
- Menjelaskan peristiwa bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki
- Menjelaskan peristiwa diasingkannya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok oleh para pemuda
- Menceritakan kegiatan para tokoh (Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Soebarjo, Sukarni) pada malam hari tanggal 16 Agustus di rumah Laksamana Maeda)
- Pertemuan II
- Siswa dapat:
- Menyebutkan bunyi naskah proklamasi
- Menjelaskan isi kalimat pertama pada naskah proklamasi
- Pertemuan III
- Siswa dapat:
- Menjelaskan peranan Ir. Soekarno pada peristiwa Proklamasi
- Menjelaskan peranan Moh. Hatta pada peristiwa Proklamasi
- Menjelaskan peranan Sayuti Melik pada peristiwa Proklamasi
- Menjelaskan peranan Ahmad Soebarjo pada peristiwa Proklamasi
- Menjelaskan peranan Ibu Fatmawati pada peristiwa Proklamasi
- Pertemuan IV
- Siswa dapat:
- Menuliskan riwayat singkat tentang Ir. Soekarno
- Menuliskan riwayat singkat tentang Mohammad Hatta
- Pertemuan V
- Siswa dapat:
- Menjelaskan tentang sidang PPKI yang pertama
- Menjelaskan tentang sidang PPKI yang kedua
- Pertemuan VI
- Siswa dapat:
- Menyebutkan cara menghargai pra tokoh kemerdekaan
- Mengamalkan cara menghargai pra tokoh kemerdekaan
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pada pertemuan:
- Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar proklamasi
- Bunyi naskah proklamasi
- Tokoh-tokoh yang berjasa dalam peristiwa proklamasi
- Riwayat singkat/ ringkasan tentang tokoh-tokoh dalam peristiwa proklamasi
- Penyusunan kelengkapan negara
- Cara menghargai jasa para tokoh kemerdekaan
- METODE
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
- Bermain peran
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
- Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Hari Merdeka"
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki
- Guru menjelaskan peristiwa disekapnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok
- Guru menjelaskan kegiatan para tokoh pada malah hari tanggal 16 Agustus 1945 di rumah Laksamana Maeda
- Kegiatan Akhir
- Menjelaskan tentang kegiatan pada pertemuan berikutnya
- Guru menjelaskan dan membagi kelompok serta tugas untuk kegiatan yang akan datang
- Memberikan PR
- Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Mencongak tentang materi yang lalu
- Membahas PR
- Kegiatan Inti
- Memberi pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dan mengajak siswa ke halaman sekolah
- Kelompok demi kelompok siswa mendemonstrasikan peristiwa proklamasi
- Secara kelompok siswa bersama-sama mengucapkan bunyi naskah proklamasi
- Kegiatan Akhir
- Guru menjelaskan tentang kegiatan pada pertemuan berikutnya
- Guru menjelaskan dan membagi kelompok serta tugas untuk kegiatan yang akan datang
- Memberikan PR
- Pertemuan III
- Kegiatan Awal
- Mengucapkan naskah proklamasi bersama-sama maupun perorangan dengan cara ditunjuk
- Mengecek persiapan siswa sesuai dengan tugasnya
- Kegiatan Inti
- Siswa bermain peran di depan kelas sesuai tugas masing-masing. Misal sebagai Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan lain-lain
- Siswa yang lain mengamati
- Kegiatan Akhir
- Dibawah bimbingan guru siswa membuat rangkuman tentang peranan para tokoh dalam peristiwa proklamasi
- Pertemuan IV
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang peranan para tokoh dalam peristiwa proklamasi
- Kegiatan Inti
- Siswa membaca buku yang berisi tentang riwayat tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi (Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Soebarjo, Sayuti Melik)
- Secara kelompok siswa mendiskusikan dan menuliskannya secara singkat tentang riwayat tokoh-tokoh sebagai berikut:
- Kelompok 1 : Ir. Soekarno
- 2 : Moh. Hatta
- 3 : Ahmad Subarjo
- 4 : Sayuti Melik
- Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusi
- Tanggapan materi dari guru maupun kelompok lain
- Kegiatan Akhir
- Guru menjelaskan tentang membuat kliping
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk membuat kliping tentang tokoh yang berperan dalam peristiwa kemerdekaan
- Pertemuan V
- Kegiatan Awal
- Mengumpulkan kliping
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang penyusunan kelengkapan negara
- Siswa membaca buku tentang penyusunan kelengkapan negara
- Siswa mebuat ringkasan materi
- Kegiatan Akhir
- Mengerjakan soal-soal latihan
- Pembahasan soal-soal
- Pertemuan VI
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan cara menghargai jasa tokoh kemerdekaan
- Kegiatan Akhir
- Mengerjakan soal-soal
- Pembahasan
- SUMBER BELAJAR
- Buku Paket IPS kelas V Depdikbud 1995
- Gambar-gambar tokoh kemerdekaan
- Gambar peristiwa proklamasi
- PENILAIAN
- Teknik : Tertulis, perbuatan, pengamatan
- Prosedur : Post-test
- Bentuk : Uraian
- Instrumen : Lembar soal terlampir
- Lembar pengamatan terlampir
- Mengetahui
- Kepala Sekolah Guru Kelas
- ________________ ________________
- NIP. NIP.
- Lembar Soal
- Pertemuan I
- Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat
- Sebutkan dua kota di Jepang yang di bom atom oleh Sekutu!
- Kemana Ir. Soekarno dan Moh. Hatta di bawa oleh pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945!
- Dimana tempat penyusunan naskah proklamasi?
- Siapa yang mengetik naskah proklamasi?
- Siapa yang mengusulkan agar Soekarno-Hatta menandatangani naskah proklamasi atas nama bangsa Indonesia?
- Pertemuan II
- Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Sebutkan kalimat pertama bunyi naskah proklamasi!
- Apa isi kalimat pertama pada naskah proklamasi?
- Tuliskan tanggal sesuai naskah proklamasi yang asli!
- Siapa yang menandatangani naskah proklamasi!
- Terdiri dari berapa kalimat naskah proklamasi!
- Pertemuan III
- Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Siapa saja yang berperan menyusun naskah proklamasi!
- Apa peranan Sayuti Melik dalam peristiwa proklamasi?
- Apa peranan Ibu Fatmawati dalam peristiwa proklamasi?
- Siapa yang mengibarkan bendera saat peristiwa proklamasi?
- Siapa yang menciptakan lagu "Indonesia Raya"
- Pertemuan IV
- Jawablah!
- Tulislah riwayat singkat tentang:
- Ir. Soekarno
- Moh. Hatta
- Pertemuan V
- Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
- Kapan sidang PPKI I dilaksanakan?
- Pada kesempatan apa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden I RI?
- Sebelum DPR dibentuk apa yang bertugas sebagai DPR?
- Berapa Departemen yang dibentuk pada siding PPKI II?
- Tanggal berapa BKR dibentuk?
- Pertemuan VI
- Mengamati siswa pada kegiatan-kegiatan yang mengarah pada cara menghargai jasa para pahlawan. Misalnya: upacara bendera.
- Tingkah laku yang diamati:
- Kedisiplinan baris-berbaris
- Ketertiban untuk menjaga ketenangan
- Kekhitmatan saat mengheningkan cipta dan menghormat bendera
- Kunci
- Pertemuan I
- Hiroshima dan Nagasaki
- Rengasdengklok
- Rumah Laksamana Maeda
- Sayuti Melik
- Sukarni
- Pertemuan II
- Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia
- Pernyataan kemerdekaan RI
- Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
- Soekarno Hatta
- 2 kalimat
- Pertemuan III
- Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo
- Mengetik naskah proklamasi
- Menjahit bendera merah putih
- Latif Hendraningrat dan Suhud
- WR. Supratman
- Pertemuan IV
- Ir. Soekarno
- Pertemuan V
- Pada tanggal 18 Agustus 1945
- Sidang PPKI
- Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
- 12
- 22 Agustus 1945
- Pertemuan VI
- Tabel pengamatan
Hari : Tanggal : | |||||
No | Nama | Kedisiplinan | Ketertiban | Kekhitmatan | Jumlah Nilai |
20-40 | 20-30 | 20-30 | |||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah :
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas/ Semester : V/II
- Alokasi Waktu : 13 Jam pelajaran
![Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.](https://mail.google.com/mail/?name=d33be9805ff33117.jpg&attid=0.9&disp=vahi&view=att&th=131940bd001a1e46)
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai peran tokoh dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
- Kompetensi Dasar : 2.4. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan.
- Indikator : 1. Menceritakan kedatangan sekutu di Indonesia
- 2. Menceritakan peristiwa-peristiwa di daerah dalam rangka mempertahankan kemerdekaan
- 3. Menceritakan agresi militer Belanda terhadap Indonesia
- 4. Pengakuan kedaulatan Belanda oleh Belanda
- 5. Menceritakan peranan beberapa tokoh dalam mempertahankan, kemerdekaan, missal: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Sri Sultan HB IX
- 6. Menceritakan peranan Sudirman, Bung Tomo, dalam mempertahankan kemerdekaan.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Siswa dapat menunjukkan pada peta daerah-daerah yang didatangi sekutu
- Siswa dapat menceritakan peristiwa pendaratan tentara sekutu di Surabaya
- Pertemuan II
- Siswa dapat menceritakan puncak peristiwa pertempuran dalam mempertahankan kemerdekaan
- Siswa dapat menceritakan peristiwa di Bandung dalam mempertahankan kemerdekaan
- Siswa dapat menceritakan peristiwa di Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan
- Pertemuan III
- Siswa dapat menceritakan peristiwa di Ambarawa dalam rangka mempertahankan kemerdekaan
- Siswa dapat menceritakan peristiwa di Medan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan
- Pertemuan IV
- Siswa dapat menjelaskan tentang perundingan Linggajati
- Siswa dapat menjelaskan tentang peristiwa Agresi Militer I Belanda
- Siswa dapat menjelaskan tentang perundingan Renvill
- Siswa dapat menjelaskan tentang peristiwa Agresi Militer II Belanda
- Pertemuan V
- Siswa dapat:
- Menyebutkan pihak-pihak yang berperan dalam perundingan Roem Royen
- Menyebutkan pihak-pihak yang berperan dalam KMB
- Menyebutkan 3 hasil KMB
- Pertemuan VI
- Siswa dapat:
- Menyebutkan peranan Ir. Soekarno dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- Menyebutkan peranan Muhammad Hatta dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- Menyebutkan peranan Sri Sultan Hamengkubuwono dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- Pertemuan VII
- Siswa dapat:
- Menyebutkan peranan Jendral Sudirman dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- Menyebutkan peranan Bung Tomo dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- MATERI PEMBELAJARAN
- Kedatangan Sekutu di Indonesia
- Peristiwa-peristiwa di daerah dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia, misal: Peristiwa 10 November, Bandung Lautan Api, pertempuran di Semarang
- Peristiwa-peristiwa di daerah dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Misal : Peristiwa Ambarawa, Medan Area.
- Agresi Militer Belanda terhadap Indonesia
- Perundingan Roem Royen dan KMB
- Peranan para tokoh dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan, yaitu: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Sri Sultan HB IX, Jenderal Sudirman, dan Bung Tomo.
- METODE/TEKNIK
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Bermain peran
- Tugas
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
- Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Hari Merdeka"
- Memajang peta Indonesia
- Tanya jawab tentang wilayah Indonesia pada saat baru merdeka
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan daerah-daerah yang didatangi Sekutu dan menunjukkan pada peta
- Guru menceritakan peristiwa pendaratan tentara sekutu di Surabaya
- Beberapa siswa diberi tugas secara bergantian untuk menunjukkan daerah-daerah yang didatangi sekutu pada peta
- Beberapa siswa diberi tugas secara bergantian untuk menceritakan peristiwa pendaratan tentara Sekutu di Surabaya
- Kegiatan Akhir
- Siswa menjawab soal-soal dari guru
- Pembahasan soal-soal
- Memberikan tugas kepada siswa untuk membaca bukunya di rumah yang berisi tentang materi
- Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Surabaya"
- Tanya jawab tentang pendaratan pasukan Sekutu di Surabaya
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang puncak pertempuran di Surabaya
- Dua atau tiga anak diberi tugas menceritakan puncak pertempuran di Surabaya di depan teman-temannya
- Menyanyikan lagu "Halo-halo Bandung"
- Guru menjelaskan tentang peristiwa Bandung Lautan Api
- Dua atau tiga anak diberi tugas menceritakan peristiwa Bandung Lautan Api secara bergantian di depan kelas
- Guru menjelaskan tentang pertempuran Lima Hari di Semarang
- Kegiatan Akhir
- Siswa menjawab soal-soal dari guru
- Pembahasan soal-soal
- Siswa diberi tugas membaca bukunya tentang materi pembelajaran di rumah
- Pertemuan III
- Kegiatan Awal
- Guru menunjukkan peta Jawa Tengah
- Tanya jawab tentang letak kota Semarang, Ambarawa dan Magelang pada peta
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang pertempuran yang terjadi di Ambarawa dengan bantuan peta Jawa Tengah dan gambar pahlawan Jenderal Sudirman
- 2 atau 3 anak disuruh untuk menceritakan secara singkat tentang pertempuran di Ambarawa secara bergantian di depan kelas
- Guru menunjukkan peta pulau Sumatera dan letak kota Medan pada peta
- 2 atau 3 anak secara bergantian disuruh menceritakan peristiwa Medan Area di depan kelas
- Kegiatan Akhir
- Siswa menjawab soal-soal
- Pembahasan soal-soal
- Siswa diberi tugas di rumah untuk membaca materi tentang bukunya
- Pertemuan IV
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke"
- Guru memajang peta Indonesia
- Tanya jawab tempat kota-kota terjadinya pertempuran di peta
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang perundingan Linggajati di awali dengan menunjukkan tempat kota tersebut pada peta.
- Guru menjelaskan peristiwa Agresi Militer I Belanda
- Guru menjelaskan tentang perundingan Renvil
- Guru menjelaskan tentang Agresi Militer II Belanda
- Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman sambil mengulang penjelasan guru menggunakan peta Indonesia
- Tanya jawab menggunakan peta Indonesia
- Pertemuan V
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab menggunakan peta untuk menunjukkan daerah-daerah kekuasaan RI berdasarkan hasil perundingan Linggajati maupun Renvill
- Guru menunjukkan gambar perundingan KMB
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang perundingan Roem Royen dengan bantuan gambar para tokohnya
- Guru menjelaskan tentang KMB dengan bantuan gambar "Suasana Sidang KMB" dan gambar para tokohnya
- Secara berulang bersama-sama maupun individu dengan cara ditunjuk siswa mengucapkan hasil perundingan KMB
- Kegiatan Akhir
- Guru memberikan penjelasan dan memberi tugas untuk kegiatan pada pertemuan berikutnya bersama kelompoknya
- Guru memberikan penjelasan secara singkat tentang tokoh dan perannya serta menugasi siswa untuk membaca buku-buku tentang tokoh-tokoh tersebut untuk persiapan melaksanakan tugasnya pada pertemuan yang akan datang yakni bermain peran.
- Pertemuan VI
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Sorak-Sorak Bergembira"
- Guru menunjukkan gambar-gambar para tokoh diantaranya Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Sri Sultan HB IX
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan secara singkat tentang peran para tokoh pada gambar tadi
- Siswa secara bergantian sesuai kelompoknya melaksanakan tugasnya yakni bermain peran sebagai tokoh yang dijelaskan guru tadi (kegiatan bias dilaksanakan di halaman sekolah yang teduh dan nyaman).
- Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman tentang peranan para tokoh
- Guru memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan datang dan membagi kelompok beserta tugasnya
- Pertemuan VII
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar"
- Guru menunjukkan gambar-gambar para tokoh diantaranya: Jenderal Sudirman dan Bung Tommo
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan secara singkat tentang peran para tokoh pada gambar tadi dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
- Siswa diajak ke halaman sekolah yang tempatnya teduh dan nyaman
- Siswa secara bergantian sesuai kelompoknya melaksanakan tugasnya yakni bermain peran sebagai tokoh yang dijelaskan guru tadi
- Kegiatan Akhir
- Membuat rangkuman tentang peranan para tokoh
- Memberikan tugas di rumah untuk mempelajari kembali semua materi yang telah dijelaskan oleh guru tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan mengerjakan latihan soal-soal.
- SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku
- Buku paket IPS kelas VI Depdikbud, 1996
- Buku paket IPS kelas V Dinas Pendidikan
- Buku pendamping IPS kelas V
- Buku Tiga Puluh Tahun Indonesia
- Buku Album Pahlawan Nasional
- Alat/Media:
- Peta Indonesia
- Peta Jawa Tengah
- Gambar suasana siding KMB
- Gambar para tokoh: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Sri Sultan HB IX, dll
- Gambar Tugu Pahlawan
- Buku IPS kelas V Penerbit Erlangga
- Buku Paket kelas V yang sesuai materi
- Alat-alat : gambar-gambar yang sesuai dengan materi pelajaran
- Kunjungan langsung ke salah satu produsen
- PENILAIAN
- Teknik : Tes dan non tes
- Prosedur : Pre-tes, dalam proses, Past test
- Bentuk : Tes lisan, isian
- Instrumen : Lembar tugas (terlampir)
- Lembar soal (terlampir)
- Mengetahui
- Kepala Sekolah Guru Kelas
- ________________ ________________
- NIP. NIP.
- Lembar Soal
- Pertemuan I
- Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Kapan Sekutu tiba di Jakarta?
- Siapa pemimpin Sekutu ketika mendarat di Surabaya?
- Apa sebenarnya tugas Sekutu datang ke Indonesia?
- Dimana terjadinya peristiwa insiden Bendera?
- Siapa Gubernur Jawa Timur pada saat terjadi pertempuran di Surabaya?
- Pertemuan II
- Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Mengapa pada tanggal 10 November 1945 pasukan Inggris membombardir kota Surabaya?
- Siapa yang membakar semangat rakyat melalui siaran radio pemberontakan?
- Apa tujuan pasukan Indonesia membumi hanguskan Bandung Selatan?
- Peristiwa dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Semarang pada tahun 1945 dikenal dengan sebutan apa?
- Siapa kepala Laboratorium Semarang yang ditembak mati oleh Jepang?
- Pertemuan III
- Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
- Siapa lawan Indonesia pada saat terjadi pertempuran di Ambarawa?
- Siapa nama pemimpin pasukan dari Purwokerto yang gugur?
- Untuk mengenang pertempuran di Ambarawa, tanggal 15 Desember di peringati sebagai hari apa?
- Disebut apa peristiwa perebutan kekuasaan di Medan?
- TKR, bekas Giyugun dan Heiho tergabung dalam badan perjuangan di Sumatera Timur yang bernama apa?
- Pertemuan IV
- Tunjukkan pada peta Indonesia hal-hal berikut:
- Kota berlangsungnya perundingan Linggajati
- Daerah-daerah yang menjadi kekuasaan RI berdasar hasil perundingan Linggajati
- Kota yang menjadi sasaran Belanda pada saat melancarkan Agresinya yang ke II
- Kota tempat pengasingan Presiden Soekarno dan para pemimpin lainnya sebelum dipindah ke Prapat
- Kota berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI)
- Pertemuan V
- Sebutkan hasil KMB bersama-sama
- (Lalu siswa tertentu ditunjuk bergantian)
- Pertemuan VI
- Perankan tokoh-tokoh berikut dalam rangka berjuang mempertahankan kemerdekaan.
- Kelompok I sebagai Ir. Soekarno
- Kelompok II sebagai Muhammad Hatta
- Kelompok III sebagai Sri Sultan Hamengkubuwono IX
- Pertemuan VII
- Perankan tokoh-tokoh berikut dalam rangka berjuang mempertahankan kemerdekaan
- Kelompok IV sebagai Jenderal Sudirman
- Kelompok V sebagai Bung Tommo
- Kunci
- Pertemuan I
- Tanggal 29 September 1945
- A.W.S. Mallaby
- Melucuti senjata Jepang dan memulangkan ke tanah airnya
- Di Hotel Yamato
- R.M. Suryo
- Pertemuan II
- Karena rakyat Surabaya tidak mematuhi Ultimatum Inggris
- Bung Tommo
- Agar gedung-gedung penting tidak dimanfaatkan musuh
- Pertempuran lima hari di Semarang
- Dokter Karyadi
- Pertemuan III
- Inggris
- Kolonel Isdiman
- Hari Irfantri
- Pertempuran Medan Area
- Pemuda Republik Indonesia Sumatera Timur
- Pertemuan IV
- Pada peta Indonesia ditunjukkan hal-hal berikut:
- Kota Kalijati dekat Kuningan Jawa Barat
- Jawa, Madura, Sumatera
- Kota Jogyakarta
- Kota Brastagi Sumatera Utara
- Bukit Tinggi Sumatera Utara
- Pertemuan V
- Hasil KMB adalah:
- Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat
- Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda. Dalam Uni itu RIS dan Kerajaan Belanda akan bekerja sama. Kedudukan RIS dan kerajaan Belanda sederajat.
- RIS akan mengembalikan semua milik Belanda dan membayar hutang-hutang Hindia Belanda sebelum tahun 1942.
- Pertemuan VI dan VII
- Siswa tampil di depan teman-temannya melakukan monolog sesuai peran masing-masing secara bergantian.
- Skor Penilaian
- Pertemuan I - IV
- Setiap nomor dijawab benar diberi skor 20
- Setiap nomor dijawab dengan benar tapi kurang sempurna diberi skor 10
- Setiap nomor dijawab salah diberi skor 0
- Pertemuan V
- 3 nomor disebutkan benar diberi skor 100
- 2 nomor disebutkan benar diberi skor 70
- 1 nomor disebutkan benar diberi skor 50
- Pertemuan VI - VII
- Menggunakan tabel pengamatan berikut:
Kelompok : Nama Tokoh: | ||||
No | Nama | Nilai | ||
Peranan 35-60 | Penampilan 25-40 | Jumlah | ||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar