RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah : ..............................
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas/ Semester : V/I
- Alokasi Waktu : 12 Jam pelajaran
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai beberapa peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
- Kompetensi Dasar : 1.1. Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
- Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu di berbagai daerah di Indonesia
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
- Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia
- Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia
- Menemutujukan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Islam di Indonesia
- Tujuan Pembelajaran
- Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah bercorak Hindu
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah bercorak Budha
- Menceritakan peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha
- Menentukan ciri-ciri peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha
- Mengidentifikasikan peninggalan sejarah Islam
- Menunjukkan letak peninggalan sejarah Islam pada peta
- MATERI PEMBELAJARAN
- Peninggalan sejarah bercorak Hindu
- Yupa
- Prasasti Ciaruteun
- Candi: Singasari, Kidal, Jago, Prambanan, dll
- Peninggalan sejarah bercorak Budha
- Wihara
- Prasasti Telaga Batu, Kedukan Bukit
- Candi: Muara Takus, Borobudur, Kalasan, dll.
- Ciri-ciri bangunan Hindu-Budha
- Bentuk Candi
- Relief
- Peninggalan sejarah Islam
- Masjid: Demak, dan lain-lain
- Pesantren
- Tradisi Islam
- Metode
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- Tugas
- Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Apersepsi : Bercerita tentang keindahan candi
- Motivasi : Siswa diminta pendapatnya tentang keuntungan keberadaan candi di suatu wilayah.
- Kegiatan Inti
- Siswa dibagi menjadi lima kelompok
- Tugas setiap kelompok untuk mengidentifikasi peninggalan sejarah Hindu di beberapa provinsi melalui peta.
- Kelompok 1 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Kalimantan Timur lewat peta
- Kelompok 2 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Barat
- Kelompok 3 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Tengah
- Kelompok 4 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Timur.
- Kelompok 5 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Bali
- Setiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompok
- Tanya jawab tentang peninggalan sejarah Hindu
- Kegiatan Akhir
- Penilaian
- Refleksi : Siswa membuat daftar peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
- Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Apersepsi : Sebutkan peninggalan sejarah Hindu yang ada di provinsi tempat tinggalmu!
- Motivasi : Cerita tentang pentingnya cagar budaya
- Kegiatan Inti
- Dengan membaca buku IPS V siswa mengerjakan lembar kerja dari Guru tentang peninggalan sejarah beserta latar belakang
- Tanya jawab latar belakang setiap peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
- Menyimpulkan materi dari cerita siswa
- Kegiatan Akhir
- Penilaian
- Refleksi : membuat kliping peninggalan sejarah Hindu
- Pertemuan III
- Kegiatan Awal
- Apersepsi : Sebutkan candi peninggalan Kerajaan Singasari!
- Motivasi : Siswa mengungkapkan pendapat tentang berbagai macam agama di Indonesia
- Kegiatan Inti
- Mengamati gambar bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia
- Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan sejarah Hindu dan Budha dilihat dari bentuk bangunan candi dan relief dinding candi.
- Membuat daftar bukti-bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia
- Tanya jawab peninggalan sejarah Budha dan menyimpulkan materi
- Kegiatan Akhir
- Penilaian
- Refleksi :
- Siswa membuat kliping peninggalan sejarah Budha
- Siswa mendeskripsikan perbedaan peninggalan Hindu dan Budha
- Pertemuan IV
- Kegiatan Awal
- Apersepsi : Tulislah agama yang ada di Indonesia
- Motivasi : Cerita tentang Sunan Kalijaga
- Kegiatan Inti
- Mencari gambar masjid terkenal di seluruh Indonesia dari sumber: kalender, majalah, buku dan lain-lain.
- Menentukan letak bangunan peninggalan Islam pada peta
- Menggunakan peta untuk menunjukkan letak bangunan peninggalan Islam di Indonesia
- Mendeskripsikan tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
- Kegiatan Akhir
- Penilaian
- Refleksi : Siswa menyimpulkan penyebaran Islam di Indonesia
- Sumber dan Media Pembelajaran
- Buku IPS Kelas V
- Peta
- Gambar/foto candi, masjid
- Lembar kerja siswa
- Penilaian
- Teknik penilaian : Tertulis, Lisan, Perbuatan
- Prosedur : Past-test
- Bentuk : Uraian
- Instrumen
- Tes Uraian
- Sebutkan apa saja fungsi pura dan candi!
- Sebutkan ciri-ciri candi Budha di Indonesia!
- Sebutkan candi Hindu yang ada di Jawa Timur!
- Jelaskan dua tradisi peninggalan yang mendapat pengaruh Islam!
- Bagaimana sikapmu terhadap peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di wilayah kita?
- Apa saja ciri khas Masjid Demak?
- Ceritakan peninggalan sejarah Hindu beserta latar belakang sejarahnya!
- Tentukan letak candi Borobudur pada peta!
Mengetahui Kepala Sekolah .............................. | Guru Bidang Studi …..…………………….. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar