Selasa, 23 Agustus 2011

RPP IPS Kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 
          Sekolah  : ...............................
          Mata Pelajaran  :  Ilmu Pengetahuan Sosial
          Kelas/ Semester  :  V/I
          Alokasi Waktu  :  12 Jam pelajaran  
          Standar Kompetensi  :  1. Menghargai beberapa peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
          Kompetensi Dasar  : 1.1. Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
Indikator :
  1. Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
  2. Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu di berbagai daerah di Indonesia
  3. Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
  4. Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia
  5. Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia
  6. Menemutujukan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Islam di Indonesia

  1. Tujuan Pembelajaran
    Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
    1. Mengidentifikasi peninggalan sejarah bercorak Hindu
    2. Mengidentifikasi peninggalan sejarah bercorak Budha
    3. Menceritakan peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha
    4. Menentukan ciri-ciri peninggalan sejarah bercorak Hindu-Budha
    5. Mengidentifikasikan peninggalan sejarah Islam
    6. Menunjukkan letak peninggalan sejarah Islam pada peta

  1. MATERI PEMBELAJARAN
    1. Peninggalan sejarah bercorak Hindu
          1. Yupa
          2. Prasasti Ciaruteun
          3. Candi: Singasari, Kidal, Jago, Prambanan, dll
    2. Peninggalan sejarah bercorak Budha
          1. Wihara
          2. Prasasti Telaga Batu, Kedukan Bukit
          3. Candi: Muara Takus, Borobudur, Kalasan, dll.
    3. Ciri-ciri bangunan Hindu-Budha
          1. Bentuk Candi
          2. Relief
    4. Peninggalan sejarah Islam
          1. Masjid: Demak, dan lain-lain
          2. Pesantren
          3. Tradisi Islam

  1. Metode
    1. Ceramah bervariasi
    2. Diskusi
    3. Demonstrasi
    4. Tanya jawab
    5. Tugas

  1. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan I
          1. Kegiatan Awal
      Apersepsi  :  Bercerita tentang keindahan candi
        Motivasi  :  Siswa diminta pendapatnya tentang keuntungan keberadaan candi di suatu wilayah.
          1. Kegiatan Inti
    1. Siswa dibagi menjadi lima kelompok
    2. Tugas setiap kelompok untuk mengidentifikasi peninggalan sejarah Hindu di beberapa provinsi melalui peta.
      1. Kelompok 1 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Kalimantan Timur lewat peta
      2. Kelompok 2 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Barat
      3. Kelompok 3 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Tengah
      4. Kelompok 4 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Jawa Timur.
      5. Kelompok 5 : Mengidentifikasi peninggalan Hindu di Bali
    3. Setiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompok
    4. Tanya jawab tentang peninggalan sejarah Hindu
          1. Kegiatan Akhir
    1. Penilaian
    2. Refleksi : Siswa membuat daftar peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
    1. Pertemuan II
          1. Kegiatan Awal
        Apersepsi  : Sebutkan peninggalan sejarah Hindu yang ada di provinsi tempat tinggalmu!
      Motivasi : Cerita tentang pentingnya cagar budaya
          1. Kegiatan Inti
      1. Dengan membaca buku IPS V siswa mengerjakan lembar kerja dari Guru tentang peninggalan sejarah beserta latar belakang
      2. Tanya jawab latar belakang setiap peninggalan sejarah Hindu di Indonesia
      3. Menyimpulkan materi dari cerita siswa
          1. Kegiatan Akhir
    1. Penilaian
    2. Refleksi : membuat kliping peninggalan sejarah Hindu
    1. Pertemuan III
          1. Kegiatan Awal
      Apersepsi  : Sebutkan candi peninggalan Kerajaan Singasari!
        Motivasi  : Siswa mengungkapkan pendapat tentang berbagai macam agama di Indonesia
          1. Kegiatan Inti
    1. Mengamati gambar bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia
    2. Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan sejarah Hindu dan Budha dilihat dari bentuk bangunan candi dan relief dinding candi.
    3. Membuat daftar bukti-bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia
    4. Tanya jawab peninggalan sejarah Budha dan menyimpulkan materi
          1. Kegiatan Akhir
    1. Penilaian
    2. Refleksi :
                1. Siswa membuat kliping peninggalan sejarah Budha
                1. Siswa mendeskripsikan perbedaan peninggalan Hindu dan Budha
    1. Pertemuan IV
          1. Kegiatan Awal
      Apersepsi  : Tulislah agama yang ada di Indonesia
      Motivasi : Cerita tentang Sunan Kalijaga
          1. Kegiatan Inti
    1. Mencari gambar masjid terkenal di seluruh Indonesia dari sumber: kalender, majalah, buku dan lain-lain.
    2. Menentukan letak bangunan peninggalan Islam pada peta
    3. Menggunakan peta untuk menunjukkan letak bangunan peninggalan Islam di Indonesia
    4. Mendeskripsikan tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
          1. Kegiatan Akhir
    1. Penilaian
    2. Refleksi : Siswa menyimpulkan penyebaran Islam di Indonesia

  1. Sumber dan Media Pembelajaran
    1. Buku IPS Kelas V
    2. Peta
    3. Gambar/foto candi, masjid
    4. Lembar kerja siswa

  1. Penilaian
  1. Teknik penilaian : Tertulis, Lisan, Perbuatan 
  1. Prosedur   : Past-test
  2. Bentuk   : Uraian
  3. Instrumen 
    1. Tes Uraian
    1. Sebutkan apa saja fungsi pura dan candi!
    2. Sebutkan ciri-ciri candi Budha di Indonesia!
    3. Sebutkan candi Hindu yang ada di Jawa Timur!
    4. Jelaskan dua tradisi peninggalan yang mendapat pengaruh Islam!
    5. Bagaimana sikapmu terhadap peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di wilayah kita?
    6. Apa saja ciri khas Masjid Demak?
    1. Ceritakan peninggalan sejarah Hindu beserta latar belakang sejarahnya!
    1. Tentukan letak candi Borobudur pada peta!




Mengetahui
Kepala Sekolah


 
...............................

Guru Bidang Studi



…..……………………..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar