RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah : .....................
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas/ Semester : V/II
- Alokasi Waktu : 15 Jam pelajaran
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai peran tokoh dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
- Kompetensi Dasar : 2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
- Indikator :
- Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempertahankan kemerdekaan
- Menyebutkan tugas pokok BPUPKI
- Menjelaskan perlunya rumusan dasar Negara sebelum kemerdekaan
- Menyebutkan tugas utama PPKI
- Menjelaskan berakhirnya pendudukan Jepang di Indonesia
- Menjelaskan peristiwa Rengasdengklok
- Menjelaskan perumusan teks proklamasi
- Menyebutkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia (Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Dr. Rajiman)
- Membuat rangkuman tokoh-tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Pada akhir pertemuan siswa dapat:
- Menjelaskan terbentuknya BPUPKI dan PPKI
- Menyebutkan tugas-tugas pokok BPUPKI
- Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam BPUPKI dan PPKI
- Pertemuan II
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan perlunya perumusan dasar Negara sebelum kemerdekaan
- Menyebutkan 2 tugas utama PPKI
- Menyebutkan 3 syarat utama berdirinya suatu Negara
- Pertemuan III
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan penyebab berakhirnya pendudukan Jepang di Indonesia
- Menjelaskan peristiwa Rengasdengklok
- Pertemuan IV
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan perumusan teks proklamasi
- Menjelaskan arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
- Pertemuan V
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan peranan tokoh-tokoh dalam persiapan kemerdekaan (Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Dr. Rajiman)
- Pertemuan VI
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menjelaskan peranan tokoh-tokoh dalam persiapan kemerdekaan (Sayuti Melik, Mr. Ahmad Soebardjo)
- Dengan membuat rangkuman
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Sejarah terbentuknya BPUPKI dan PPKI
- Tugas-tugas pokok BPUPKI dan PPKI
- Tokoh-tokoh yang berperan dalam BPUPKI dan PPKI
- Pertemuan II
- Perlunya perumusan dasar Negara sebeulm kemerdekaan
- Syarat-syarat berdirinya sebuah Negara
- Pertemuan III
- Sejarah penyebab berakhirnya pendudukan Jepang di Indonesia
- Peristiwa Rengasdengklok
- Pertemuan IV
- Rumusan teks proklamasi
- Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
- Tokoh-tokoh yang merumuskan teks proklamasi
- Pertemuan V
- Peranan tokoh-tokoh dalam persiapan kemerdekaan (seperti Ir. Soekarno, Muh. Hatta, Dr. Rajiman)
- Pertemuan VI
- Peranan tokoh-tokoh dalam persiapan kemerdekaan (Sayuti Melik, Mr. Ahmad Subarjo).
- METODE/TEKNIK
- Pertemuan I
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu yang mengarah pada materi pelajaran
- Contoh:
- Pernahkah kalian mendengar singkatan BPUPKI?
- Singkatan apakah BPUPKI itu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan materi tentang singkatan BPUPKI dan PPKI, sejarah terbentuknya dan tugas-tugasnya serta tokoh-tokoh yang berperan
- Siswa mencatat pokok-pokok materi yang penting
- Guru membagi lembar tugas, siswa melengkapi dengan mencari dalam buku
- Membahas hasil lembar tugas
- Kegiatan Akhir
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Pemberian tugas/PR
- Pertemuan II
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu yang mengarah pada materi pelajaran
- Contoh: Siapa yang mengetuai BPUPKI?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang perlunya perumusan dasar Negara, tugas-tugas PPKI dan syarat-syarat berdirinya suatu negara
- Siswa mencatat/ merangkum materi pelajaran yang penting
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Guru membagi lembar tugas, siswa mengerjakan
- Kegiatan Akhir
- Membahas hasil tugas siswa
- Guru memberi tugas/PR
- Pertemuan III
- Kegiatan Awal
- Membahas tugas/PR
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu yang mengarah pada materi pelajaran
- Contoh: Mengapa Jepang menyerah kepada Sekutu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan sebab-sebab berakhirnya masa pendudukan Jepang
- Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, tujuan para pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Guru memberikan soal-soal untuk dikerjakan siswa
- Kegiatan Akhir
- Membahas hasil tugas/ soal-soal yang dikerjakan siswa
- Memberi tugas tindak lanjut berupa soal perbaikan dan pengayaan
- Pertemuan IV
- Kegiatan Awal
- Guru memajang turunan teks proklamasi
- Tanya jawab yang mengarah pada materi pelajaran
- Contoh: Siapa yang tahu, teks apa yang terpajang ini?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang perumusan teks proklamasi, tokoh-tokoh yang berperan serta sejarah dirumuskannya
- Guru menjelaskan arti pentingnya proklamasi bagi bangsa Indonesia
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Siswa mencatat pokok-pokok materi yang penting
- Guru memberikan tugas/soal-soal ulangan, siswa mengerjakan
- Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja siswa
- Guru memberikan tugas tindak lanjut berupa soal perbaikan dan pengayaan
- Pertemuan V
- Kegiatan Awal
- Guru memajang gambar-gambar beberapa tokoh dalam persiapan kemerdekaan seperti Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
- Tanya jawab tentang tokoh-tokoh tersebut
- Contoh: Siapa nama tokoh-tokoh tersebut?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang peranan tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan seperti Ir. Soekarno, Drs. Muh. Hatta dan Dr. Rajiman.
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Siswa mencatat materi-materi pokok
- Guru memberikan tugas kelompok dengan membagi kelompok. Masing-masing kelompok diberi 1 gambar seorang tokoh, siswa berdiskusi dan merangkum peranan tokoh tersebut.
- Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja kelompok siswa
- Guru memberikan tugas rumah/PR
- Pertemuan VI
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang lalu yang mengarah pada materi pelajaran yang baru
- Contoh:
- Masih ingatkah kalian, apa peranan Ir. Soekarno?
- Ternyata selain Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, masih banyak tokoh yang lain. Siapa diantara kalian yang tahu?
- Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang peranan tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan seperti Sayuti Melik dan Mr. Ahmad Subarjo
- Tanya jawab tentang materi pelajaran yang belum jelas
- Siswa merangkum pokok-pokok materi yang penting
- Guru memberikan latihan-latihan soal, siswa mengerjakan
- Kegiatan Akhir
- Membahas hasil kerja siswa
- Guru memberikan soal tindak lanjut berupa soal perbaikan dan pengayaan
- SUMBER BELAJAR
- Buku paket IPS Kelas V
- Buku IPS
- Buku IPS terpadu
- Peraga teks proklamasi
- Gambar tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan
- Ir. Soekarno
- Drs. Mohammad Hatta
- PENILAIAN
- Teknik : Tertulis, isian
- Bentuk : Uraian, jawaban singkat, isian
- Prosedur : Post-test
- Contoh instrumen
- Pertemuan I
No | Nama Lembaga | Tokoh yang berperan | Tugas |
1. 2. | BPUPKI PPKI |
- Pertemuan II
- Sebutkan syarat-syarat berdirinya suatu Negara 3 saja!
- Keputusan apakah yang dihasilkan dalam sidang BPUPKI yang berlangsung 29 Mei - 1 Juni 1945!
- Pertemuan III
- Dua kota yang di bom atom oleh sekutu yaitu ………. dan ………..
- Jepang menyerah pada sekutu pada tanggal …………
- Pertemuan IV
- Rumusan teks proklamasi terdiri dari ….. alinea
- a. 1 b. 3
- c. 2 d. 4
- …………………….
- a. ………. b. ……….
- c. ………. d. ……….
- Pertemuan V
- Apakah peranan Ir. Soekarno dalam persiapan kemerdekaan Indonesia?
- Jelaskan secara singkat peristiwa Rengasdengklok!
- Pertemuan VI
- Naskah proklamasi diketik oleh ……..
- Yang disebut sebagai Bapak Proklamator adalah ……….
- Mengetahui ……………..
- Kepala Sekolah Guru Kelas
- ________________ ________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar