Selasa, 23 Agustus 2011

RPP IPS Kelas 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah   :
Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester  : I/2
Alokasi Waktu   : 6 x pertemuan (12 x 35 menit)
Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.
Standar Kompetensi :
2. Mendiskripsikan lingkungan rumah

Kompetensi Dasar :
    2.1  Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
Indikator :
  1. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami
  2. Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
  3. Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami bersama keluarga

  1. Tujuan Pembelajaran :
    Pertemuan 1
    Siswa dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami
    Pertemuan 2
    Siswa dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami
    Pertemuan 3
    Siswa dapat menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
    Pertemuan 4
    Siswa dapat menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami
    Pertemuan 5
    Siswa dapat menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami bersama keluarga
    Pertemuan 6
    Siswa dapat menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami bersama keluarga
  1. Materi Pembelajaran
    Pertemuan 1
    Pengalaman masa lalu
    Pertemuan 2
    Pengalaman masa lalu
    Pertemuan 3
    Pengalaman masa lalu
    Pertemuan 4
    Pengalaman masa lalu
    Pertemuan 5
    Pengalaman masa lalu
    Pertemuan 6
    Pengalaman masa lalu
  1. Metode
    1. Ceramah
    2. Tanya jawab

  1. Langkah-langkah Kegiatan
    Pertemuan 1
    1. Kegiatan Awal
    • Tanya jawab tentang peristiwa masa kecil
    • Contoh: pengalaman belajar naik sepeda
    1. Kegiatan Inti
    • Guru bercerita tentang peristiwa yang pernah dialami
    • Siswa menyimak, tanya jawab
    • Salah satu siswa maju ke depan kelas untuk bercerita dilanjutkan siswa lainnya
    • Siswa mengerjakan tugas
    1. Kegiatan Akhir
    • Mengingat kembali hal-hal penting peristiwa yang dialami
    Pertemuan 2
  1. Kegiatan Awal
    • Tanya jawab tentang peristiwa yang pernah dialami
    • Contoh: pengalaman belajar naik sepeda
  2. Kegiatan Inti
    • Guru bercerita tentang peristiwa yang pernah dialami
    • Siswa menyimak, tanya jawab
    • Salah satu siswa maju ke depan kelas untuk bercerita dilanjutkan siswa lainnya
    • Siswa mengerjakan tugas
  3. Kegiatan Akhir
    • Mengingat kembali hal-hal penting peristiwa yang dialami
    Pertemuan 3
  1. Kegiatan Awal
    • Menanyakan apakah peristiwa yang paling berkesan
  2. Kegiatan Inti
    • Menyimak cerita bergambar
    • Siswa mengamati gambar untuk menunjukkan peristiwa-peristiwa yang terjadi
    • Guru bercerita tentang peristiwa yang menyenangkan
    • Menampilkan gambar-gambar yang menyenangkan
    • Tanya jawab
    • Siswa mengerjakan tugas
  3. Kegiatan Akhir
    • Mengingat kembali hal-hal yang menyenangkan
    Pertemuan 4
  1. Kegiatan Awal
    • Menanyakan apakah peristiwa yang paling berkesan
  2. Kegiatan Inti
    • Menyimak cerita bergambar
    • Siswa mengamati gambar untuk menunjukkan peristiwa-peristiwa yang terjadi
    • Guru bercerita tentang peristiwa yang menyenangkan
    • Menampilkan gambar-gambar yang menyenangkan
    • Tanya jawab
    • Siswa mengerjakan tugas
  3. Kegiatan Akhir
    • Mengingat kembali hal-hal yang menyenangkan
    Pertemuan 5
  1. Kegiatan Awal
    Tanya jawab :
    • Pernahkah anak-anak tamasya?
    • Kemana? Dengan siapa?
    • Bagaimana perasaanmu?
  1. Kegiatan Inti
    • Mengamati gambar keluarga yang sedang rekreasi
    • Tanya jawab hal-hal yang berhubungan dengan gambar
    • Salah satu siswa maju ke depan untuk bercerita pengalamannya waktu tamasya
    • Siswa mengerjakan tugas
  1. Kegiatan Akhir
    • Mencatat peristiwa-peristiwa yang menyenangkan
    Pertemuan 6
  1. Kegiatan Awal
    Tanya jawab :
    • Pernahkah anak-anak tamasya?
    • Kemana? Dengan siapa?
    • Bagaimana perasaanmu?
  1. Kegiatan Inti
    • Mengamati gambar keluarga yang sedang rekreasi
    • Tanya jawab hal-hal yang berhubungan dengan gambar
    • Salah satu siswa maju ke depan untuk bercerita pengalamannya waktu tamasya
    • Siswa mengerjakan tugas
  1. Kegiatan Akhir
    • Mencatat peristiwa-peristiwa yang menyenangkan

  1. Sumber Belajar
    • Buku IPS Kelas I
    • Buku penunjang yang relevan
    • Gambar-gambar

  1. Penilaian
    1. Teknik  : Test lisan dan tertulis
    2. Prosedur : Pre Test dan Post Test
    3. Bentuk  :
    4. Instrumen 
Lampiran : Instrumen Penilaian

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
    1. Ceritakan peristiwa yang pernah kamu alami!
    2. Ceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah kamu alami!
    3. Tulislah peristiwa/ pengalaman yang menyenangkan yang pernah kamu alami!


Mengetahui
Kepala Sekolah

 
……………………..
         NIP.

Guru Kelas


……………………..
         NIP.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar