Selasa, 23 Agustus 2011

RPP IPS Kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
          Sekolah  :
          Mata Pelajaran  :  Ilmu Pengetahuan Sosial
          Kelas/ Semester  :  V/II
          Alokasi Waktu  :  15 Jam pelajaran  
          Standar Kompetensi  :  1. Menghargai peran tokoh dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 
          Kompetensi Dasar  : 2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Indikator :
        1. Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
        2. Menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat.
        3. Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir Belanda
        4. Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
        5. Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
        6. Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional missal (RA. Kartini, Dewi Sartika, dan KH. Dewantoro).
        7. Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di Propinsimu
        8. Menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
        9. Menceritakan peran masing-masing tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
        10. Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersatukan Indonesia

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
              1. Pertemuan I
    Pada akhir pelajaran siswa dapat menceritakan.
              1. Pertemuan II
    Pada akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat. 
              1. Pertemuan III
                1. Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir Belanda
                2. Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
              2. Pertemuan IV
    Pada akhir pelajaran siswa dapat menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
              1. Pertemuan V
    Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat ringkasan riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional
              1. Pertemuan VI
    Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di propinsinya dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
              1. Pertemuan VII
    Pada akhir pelajaran siswa dapat:
                1. Menceritakan peranan masing-masing tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda
                2. Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersiapkan Indonesia

  1. MATERI PEMBELAJARAN
        1. Pertemuan I
    Membaca buku tentang kedatangan Belanda ke Indonesia.
        1. Pertemuan II
    Menceritakan kedatangan Belanda di Indonesia dan menjelaskan system tanam paksa
        1. Pertemuan III
    Menceritakan perjuangan para tokoh daerah mengusir Belanda dan pendudukan Jepang di Indonesia.
        1. Pertemuan IV
    Menceritakan sebab dan akibat kerja romusha dengan tanya jawab
        1. Pertemuan V
    Menceritakan riwayat tokoh-tokoh pergerakan nasional dan membuat rangkuman materi
        1. Pertemuan VI
    Mengucapkan Sumpah Pemuda bersama-sama dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
        1. Pertemuan VII
    Menceritakan peranan Ir. Soekarno, Moh. Yamin, dalam peristiwa Sumpah Pemuda 
  1. METODE/TEKNIK
    Ceramah bervariasi, diskusi kelompok, tugas, demonstrasi  
  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
              1. Pertemuan I (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab tentang Negara Belanda, letaknya dalam peta
                1. Kegiatan Inti
    1. Membaca buku paket
    2. Penjelasan materi diselingi tanya jawab
    3. Mengerjakan soal
                1. Kegiatan Akhir
      Pembahasan dan evaluasi
              1. Pertemuan II (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab materi yang lalu
                1. Kegiatan Inti
    1. Penjelasan materi
    2. Pemberian contoh
    3. Pemberian tugas
                1. Kegiatan Akhir
      Pembahasan dan penilaian
              1. Pertemuan III (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
    1. Menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar"
    2. Memperlihatkan beberapa gambar pahlawan
                1. Kegiatan Inti
    1. Penjelasan materi diselingi tanya jawab
    2. Mengerkan soal latihan
                1. Kegiatan Akhir
    1. Pembahasan
    2. Mencatat rangkuman
              1. Pertemuan IV (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
      Memperlihatkan gambar kekejaman Jepang pada masa kerja romusha
                1. Kegiatan Inti
    1. Tanya jawab materi, siswa menyimak bacaan
    2. Kerja kelompok menyelesaikan tugas
                1. Kegiatan Akhir
    1. Pembahasan
    2. Pemberian tugas rumah/PR
              1. Pertemuan V (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
    1. Memperlihatkan gambar RA Kartini
    2. Tanya jawab peringatan hari Kartini
                1. Kegiatan Inti
    1. Membaca bacaan dalam buku
    2. Tanya jawab materi
    3. Anak membuat rangkuman 1 tokoh
                1. Kegiatan Akhir
    1. Pembahasan
    2. Memberi tugas rumah, melanjutkan rangkuman di rumah
              1. Pertemuan VI (3 jam)
                1. Kegiatan Awal
    1. Tanya jawab materi yang lalu
    2. Menyanyikan lagu "Bangun Pemuda Pemudi"
                1. Kegiatan Inti
    1. Memberi contoh cara membuat laporan tentang tokoh pejuang dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
    2. Mengucapkan ikrar sumpah pemuda (bergilir di depan kelas)
    3. Kerja kelompok membuat laporan tentang tokoh pejuang
                1. Kegiatan Akhir
      Pembahasan
              1. Pertemuan VII (2 jam)
                1. Kegiatan Awal
      Mengulangi ikrar Sumpah Pemuda
                1. Kegiatan Inti
    1. Penjelasan materi
    2. Mengerjakan soal
                1. Kegiatan Akhir
      Pembahasan
  1. SUMBER BELAJAR
        1. Buku Paket IPS kelas V
        2. IPS terpadu (Erlangga)
        3. Gambar pahlawan
        4. Gambar kekejaman Jepang pada masa romusha
        5. Ikrar Sumpah Pemuda

  1. PENILAIAN
              1. Teknik  : Tertulis, lisan
              2. Prosedur : Post-test
              3. Bentuk  : Uraian, jawaban singkat
              4. Instrumen
                1. Pertemuan I
    1. Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda
    2. Apa kepanjangan VOC
    3. Kapan Belanda mendarat pertama kali di Indonesia
                1. Pertemuan II
    1. Apa akibat system kerja paksa bagi penduduk Indonesia
    2. Siapa pelopor system kerja paksa
                1. Pertemuan III
    1. Sebutkan 3 contoh daerah yang berjuang mengusir Belanda
    2. Kapan Jepang menguasai Indonesia
                1. Pertemuan IV
    1. Apa sebab Jepang menggerakkan kerja romusha
    2. Apa akibat kerja romusha bagi penduduk Indonesia
                1. Pertemuan V
      Buatlah ringkasan riwayat hidup:
    1. RA. Kartini
    2. Dewi Sartika
    3. Ki Hajar Dewantoro
                1. Pertemuan VI
      -
                1. Pertemuan VII
    1. Sebutkan 3 tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda beserta peranannya!
    2. Tulislah teks Sumpah Pemuda!

    Mengetahui     ……………..
    Kepala Sekolah                             Guru Kelas
    ________________                  ________________
    NIP.                                        NIP.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar