RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah :
- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas/ Semester : V/II
- Alokasi Waktu : 15 Jam pelajaran
- Standar Kompetensi : 1. Menghargai peran tokoh dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
- Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
- Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
- Menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat.
- Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir Belanda
- Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
- Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
- Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional missal (RA. Kartini, Dewi Sartika, dan KH. Dewantoro).
- Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di Propinsimu
- Menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
- Menceritakan peran masing-masing tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
- Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersatukan Indonesia
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Pada akhir pelajaran siswa dapat menceritakan.
- Pertemuan II
- Pada akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat.
- Pertemuan III
- Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir Belanda
- Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
- Pertemuan IV
- Pada akhir pelajaran siswa dapat menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
- Pertemuan V
- Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat ringkasan riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional
- Pertemuan VI
- Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di propinsinya dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
- Pertemuan VII
- Pada akhir pelajaran siswa dapat:
- Menceritakan peranan masing-masing tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda
- Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersiapkan Indonesia
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pertemuan I
- Membaca buku tentang kedatangan Belanda ke Indonesia.
- Pertemuan II
- Menceritakan kedatangan Belanda di Indonesia dan menjelaskan system tanam paksa
- Pertemuan III
- Menceritakan perjuangan para tokoh daerah mengusir Belanda dan pendudukan Jepang di Indonesia.
- Pertemuan IV
- Menceritakan sebab dan akibat kerja romusha dengan tanya jawab
- Pertemuan V
- Menceritakan riwayat tokoh-tokoh pergerakan nasional dan membuat rangkuman materi
- Pertemuan VI
- Mengucapkan Sumpah Pemuda bersama-sama dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
- Pertemuan VII
- Menceritakan peranan Ir. Soekarno, Moh. Yamin, dalam peristiwa Sumpah Pemuda
- METODE/TEKNIK
- Ceramah bervariasi, diskusi kelompok, tugas, demonstrasi
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
- Pertemuan I (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang Negara Belanda, letaknya dalam peta
- Kegiatan Inti
- Membaca buku paket
- Penjelasan materi diselingi tanya jawab
- Mengerjakan soal
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan dan evaluasi
- Pertemuan II (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab materi yang lalu
- Kegiatan Inti
- Penjelasan materi
- Pemberian contoh
- Pemberian tugas
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan dan penilaian
- Pertemuan III (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar"
- Memperlihatkan beberapa gambar pahlawan
- Kegiatan Inti
- Penjelasan materi diselingi tanya jawab
- Mengerkan soal latihan
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan
- Mencatat rangkuman
- Pertemuan IV (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Memperlihatkan gambar kekejaman Jepang pada masa kerja romusha
- Kegiatan Inti
- Tanya jawab materi, siswa menyimak bacaan
- Kerja kelompok menyelesaikan tugas
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan
- Pemberian tugas rumah/PR
- Pertemuan V (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Memperlihatkan gambar RA Kartini
- Tanya jawab peringatan hari Kartini
- Kegiatan Inti
- Membaca bacaan dalam buku
- Tanya jawab materi
- Anak membuat rangkuman 1 tokoh
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan
- Memberi tugas rumah, melanjutkan rangkuman di rumah
- Pertemuan VI (3 jam)
- Kegiatan Awal
- Tanya jawab materi yang lalu
- Menyanyikan lagu "Bangun Pemuda Pemudi"
- Kegiatan Inti
- Memberi contoh cara membuat laporan tentang tokoh pejuang dan menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda
- Mengucapkan ikrar sumpah pemuda (bergilir di depan kelas)
- Kerja kelompok membuat laporan tentang tokoh pejuang
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan
- Pertemuan VII (2 jam)
- Kegiatan Awal
- Mengulangi ikrar Sumpah Pemuda
- Kegiatan Inti
- Penjelasan materi
- Mengerjakan soal
- Kegiatan Akhir
- Pembahasan
- SUMBER BELAJAR
- Buku Paket IPS kelas V
- IPS terpadu (Erlangga)
- Gambar pahlawan
- Gambar kekejaman Jepang pada masa romusha
- Ikrar Sumpah Pemuda
- PENILAIAN
- Teknik : Tertulis, lisan
- Prosedur : Post-test
- Bentuk : Uraian, jawaban singkat
- Instrumen
- Pertemuan I
- Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda
- Apa kepanjangan VOC
- Kapan Belanda mendarat pertama kali di Indonesia
- Pertemuan II
- Apa akibat system kerja paksa bagi penduduk Indonesia
- Siapa pelopor system kerja paksa
- Pertemuan III
- Sebutkan 3 contoh daerah yang berjuang mengusir Belanda
- Kapan Jepang menguasai Indonesia
- Pertemuan IV
- Apa sebab Jepang menggerakkan kerja romusha
- Apa akibat kerja romusha bagi penduduk Indonesia
- Pertemuan V
- Buatlah ringkasan riwayat hidup:
- RA. Kartini
- Dewi Sartika
- Ki Hajar Dewantoro
- Pertemuan VI
- -
- Pertemuan VII
- Sebutkan 3 tokoh dalam peristiwa Sumpah Pemuda beserta peranannya!
- Tulislah teks Sumpah Pemuda!
- Mengetahui ……………..
- Kepala Sekolah Guru Kelas
- ________________ ________________
- NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar